•  
  • PPID Kab. Luwu Timur
Sabtu, 04 Mei 2013 - 03:49:19 WIB
Sekda Pimpin Upacara Hari Otoda Ke 17
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Informasi Publik - Dibaca: 6147 kali

Para pegawai Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur mengikuti upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke 17 yang berlangsung dihalaman Kantor Bupati Lutim, Kamis (25/04). Upacara peringatan ini dipimpin Sekretaris Daerah, Bahri Suli dengan tema "Dengan Otonomi Daerah Kita Tingkatkan Kapasitas Pemerintahan Daerah Untuk Percepatan Kesejahteraan Masyarakat".

Sambutan Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi yang dibacakan Sekda mengatakan kapasitas Penyelenggara Pemerintahan Daerah harus terus ditingkatkan sebagai konsekuensi perubahan lingkungan strategis sehingga dapat kompatibel, tangguh dan handal dalam melakukan urusan-urusan dan fungsi-fungsi pelayanannya untuk semata-mata kesejahteraan masyarakat.

Lanjut Bahri, Otonomi daerah pada dasarnya mempunyai dua tujuan utama yaitu tujuan demokrasi dan tujuan kesejahteraan. Tujuan demokrasi memposisikan pemerintahan daerah sebagai instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang secara agregat akan menyumbang terhadap pendidikan politik secara nasional untuk mempercepat terwujudnya masyarakat madani atau civil society. Tujuan kesejahteraan mengisyaratkan pemerintahan daerah untuk menyediakan pelayanan publik bagi masyarakat lokal secara efektif, efisien dan ekonomis.

Ia menambahkan, Beberapa hal yang perlu dikawal terkait implementasi kebijakan otonomi daerah kaitannya dengan pencapaian prioritas pembangunan nasional antara lain, Penerapan 15 Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang harus dilaksanakan setiap daerah, kemudian, dalam hal pengelolaan keuangan daerah diharapkan  terus  dapat  dilakukan langkah- langkah dan upaya untuk efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas, disertai dengan upaya pengembangan dan peningkatan Sistem Pengawasan Intern Pemerintah (SPIP) termasuk Penetapan APBD tepat waktu juga harus menjadi komitmen antara Kepala Daerah dan DPRD, yang dapat mendorong percepatan pembangunan daerah.

Ketiga, kebijakan untuk penyelesaian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang perlu senantiasa ditingkatkan beserta Penerapan Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE), Kemudian, Mendorong penyelesaian E-KTP, sebagai wujud pelayanan kependudukan yang konstruktif dan modern. Selanjutnya, Mendorong perekonomian masyarakat melalui Peningkatan Kemandirian Masyarakat Perdesaan (PNPM-MP); dan terakhir, mewujudkan keterbukaan informasi publik melalui pelayanan informasi dan dokumentasi publik di lingkungan Pemerintahan Daerah secara efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan.

Usai membacakan sambutan tersebut, Sekda juga mengingatkan bahwa terkait pemeriksaan BPK yang masih berlangsung saat ini, diminta kepada seluruh SKPD khususnya yang menangani laporan agar tidak meninggalkan tempat.

Ia juga menambahkan,  memasuki perayaan sepuluh tahun Kabupaten Lutim pada bulan Mei mendatang, Ia berharap agar seluruh pihak yang terkait segera melakukan berbagai persiapan, sehingga perayaan yang telah direncanakan dapat berjalan sesuai yang harapan. (hr/hms)



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)